Mengolah Kerang Cantik Menjadi Kerajinan Eksotik - #banggaprodukIndonesia

Kekayaan laut di wilayah Surabaya memang mendatangkan banyak keuntungan bagi masyarakatnya. Bukan hanya kekayaan berupa ikan saja yang banyak dimanfaatkan oleh warga sekitar, namun juga kekayaan berupa kerang dan keong laut. Salah satu daerah yang menjadi pusat pengolah hasil laut di Surabaya ada di Kecamatan Bulak. Jika kita berkunjung ke daerah ini, kita akan temukan pemandangan jemuran berupa cangkang-cangkang kerang yang berjejer cantik. 

Bahan baku kerang ini diolah menjadi aneka kerajinan unik dan menarik oleh para pengrajin kerang. Di antaranya diolah menjadi bingkai foto, kap lampu, tirai berbahan dasar kerang, hiasan dinding, dan gantungan kunci. Aneka kerajinan tersebut dijual di toko-toko souvenir di Kecamatan Bulak. Tak jauh dari sana terdapat kawasan wisata pantai, yaitu Taman Hiburan Pantai (THP) Kenjeran – Surabaya. Kawasan ini merupakan salah satu tujuan wisata warga Surabaya yang ramai dikunjungi, terutama pada saat liburan akhir pekan dan liburan sekolah.

Namun sebenarnya tak semua bahan baku kerang berasal dari Surabaya, ada juga yang didatangkan dari Situbondo. Ini untuk memperkaya variasi kerang, sehingga akan menghasilkan kerajinan yang lebih unik dan menarik. Di samping itu, ada satu jenis bahan baku yang tak dimiliki oleh pantai di Surabaya yaitu pasir putih. Pasir putih ini digunakan untuk membuat kerajinan bingkai foto dan hiasan dinding. 

Meski pendapatan para pengrajin ini naik turun, tergantung dari banyak sedikitnya para pengunjung wisata Taman Hiburan Pantai (THP), tapi tak menyurutkan semangat mereka untuk terus berkreasi menghasilkan kerajinan-kerajinan yang cantik. Ini termasuk salah satu cara untuk memanfaatkan kekayaan laut Indonesia kiki emoticon.



Sumber referensi tulisan dan gambar: 
Bisnisukm[dot]com
PPI2015
Share on Google Plus

About octadandy

Man who places particular importance upon physical appearance, refined language and leisurely hobbies, pursued w/ the appearance of nonchalance in a cult of Self.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment