Kartun Japarr Cara Kreatif Melestarikan Jajanan Pasar - #banggaprodukIndonesia

Kekayaan kuliner Indonesia salah satunya juga terlihat dari keanekaragaman jajanan pasar yang kita miliki. Sayangnya, saat ini banyak dari jenis jajanan pasar yang tak dikenal oleh anak-anak zaman sekarang. Ini membuat jajanan pasar menjadi kurang populer. Melihat fenomena ini, Glenn Ardiansyah kemudian berinisiatif untuk berkreasi dan berinovasi untuk bisa melestarikan keberadaan jajanan pasar, sehingga popularitasnya tak tergerus oleh munculnya makanan-makanan asing.

Bisnisnya diawali tahun 2011, Glenn memperkenalkan aneka jajanan pasar ke dalam bentuk kartun yang diberi nama Kartun Jajanan Pasar (Japarr). Kartun Japarr ini kemudian diaplikasikan ke dalam bentuk produk seperti: boneka, kaus, serta sandal rumah. Karakter yang diperkenalkan diantaranya: gethuk, onde-onde, klepon, cenil, lemper, kue kukus, moci, nagasari, dadar gulung, clorot, apem, dan masih banyak lagi karakter lainnya yang berasal dari jenis jajanan pasar.

Hasil karyanya yang lucu, unik, dan menarik mata ini direspon sangat baik oleh pasar. Kini, Kartun Japarr memproduksi sebanyak 3000 buah boneka setiap bulannya, dengan harga 36 ribu hingga 40 ribu rupiah per unitnya. Sedangkan untuk kaus, produksinya mencapai 350 unit per bulan, dengan harga 65 ribu hingga 100 ribu rupiah per buah. Omzet yang diperoleh Kartun Japarr setiap bulannya telah mencapai angka 100 juta. Dan wilayah pemasarannya telah tersebar ke berbagai penjuru Indonesia, di antaranya: Jakarta, Jawa Timur, Palembang, dan Papua.

Untuk melestarikan kuliner Indonesia, tak berarti kita harus terjun ke dunia kuliner. Glenn telah membuktikan bahwa ada banyak cara yang bisa kita tempuh untuk melestarikan kuliner Indonesia, salah satunya dengan yang dipilih Glenn, yaitu menggunakan media kartun yang diaplikasikan ke berbagai produk seperti boneka dan kaus. Gimana denganmu sobat, apa kreativitasmu untuk melestarikan kuliner Indonesia?


Sumber referensi tulisan:
peluangusaha.kontan.co.id
female.kompas.com
bisnisukm.com
Sumber gambar: 

kartunjaparr.blogspot.com

PPI


Share on Google Plus

About octadandy

Man who places particular importance upon physical appearance, refined language and leisurely hobbies, pursued w/ the appearance of nonchalance in a cult of Self.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment