Bisnis Lampu Benang dengan Keuntungan yang Menyilaukan - #banggaprodukIndonesia

Bisnis lampu benang yang kini digeluti pria asal Surabaya bernama Guntoro Rusli, bermula dari aktivitasnya melanglang buana ke berbagai penjuru dunia sebagai konsekuensi dari profesinya sebagai pelaut. Satu waktu saat berkunjung ke Thailand, Guntoro tertarik melihat banyak kerajinan lampu yang menghiasi dekorasi restoran, yang modelnya mirip dengan yang ia lihat di Bali. Dari situlah, Guntoro kemudian nekat mengajak temannya yang merupakan seorang desain interior hotel di Bali, untuk membuat kerajinan lampu hias dengan peralatan seadanya kala itu.

Meski hanya bermodalkan benang, lem, dan balok, tapi berkat daya kreativitas yang tinggi, Guntoro berhasil membuat 500 buah lampu benang yang kemudian ia coba pasarkan dengan menitipkannya ke temannya yang berada di Bali, dan juga menitipkannya di salah satu gerai pusat perbelanjaan di Surabaya. Ternyata, respon konsumen sangat bagus, buktinya lampu sebanyak 500 buah yang ia produksi ludes hanya dalam waktu dua bulan.

Hal itu kemudian membuatnya bertekad untuk serius menekuni bisnis lampu benang. Usaha lampu benang ini resmi didirikannya sejak tahun 2009 dengan nama Light Craft Indonesia. Pria yang tahun ini genap berusia 34 tahun, mengaku tak pernah mengikuti pelatihan apapun untuk membuat kerajinan, semua serba otodidak. Namun, Guntoro betul-betul serius di bisnis ini, ia terus berinovasi agar karyanya selalu diterima dan diminati oleh pasar.

Saat ini, Light Craft memproduksi 1000 hingga 3000 buah lampu setiap bulannya. Dengan harga jual yang ditawarkan dari mulai 35 ribu rupiah hingga 2,7 juta rupiah, Guntoro bisa meraup untung hingga 500 juta per bulannya. Pemasarannya tak hanya sebatas di dalam negeri saja, lampu benang Light Craft telah berhasil di ekspor ke negara Malaysia, Singapura, dan juga Italia. Tak heran jika Guntoro terus berusaha memperkuat bisnis lampunya ini, sebab keuntungan dan hasil yang diperoleh memang menyilaukan ya, sobat


Sumber referensi tulisan: 
ekbis.sindonews.com
m.tribunnews.com
bisnisukm.com
Sumber gambar: 

suara.com
PPI


Share on Google Plus

About octadandy

Man who places particular importance upon physical appearance, refined language and leisurely hobbies, pursued w/ the appearance of nonchalance in a cult of Self.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment