SIMPLE BUSINESS PLAN - BUTIK BATIKHOLIC


Dengan Hormat, 

Beberapa konsep aplikasi wirausaha di bawah ini adalah pengembangan ide dan inovasi atas data, acuan, dan bahan presentasi Mata Kuliah Kewirausahaan yang kami kumpulkan baik dari data kualitatif , kuantitatif maupun skema ide yang kami temukan di internet dan di perpustakaan.

Konsep ide Butik namun dengan segmen pasar yang berbeda dengan balutan cinta terhadap budaya Indonesia yang beragam membawa ide ini untuk di presentasikan.

Allhamdullilah berjalan dengan baik, walau kami akui berbagai aspek perlu kami pelajari dalam wirausaha Batik di Indonesia. Satu hal yang pasti, Cinta Budaya Indonesia dengan balutan Budaya eksotis Asia Tenggara - Batik di atas Design Modern keinginan Jiwa Muda era Modern.


Maju terus Wira Usaha Muda Indonesia.

Universitas Tama Jagakarsa

Tembusan : Bpk Dicky Haidi





BUTIK BATIKHOLIC
“ I LOVE INDONESIAN CULTURE , BATIKHOLIC INDONESIA”




I. RINGKASAN EKSEKUTIF

- Item yang di jual :  Peralatan "Sandang" pria dan wanita

- Design : Design di buat sendiri dan oleh remaja Indonesia

- Bahan : Asli batik dari Indonesia

- Model : Sesuai dengan budaya Indonesia

- Sasaran Pasar : Remaja

" Cinta Budaya Indonesia Persembarahan Remaja Indonesia Untuk Dunia Remaja "

Elemen-elemen utama yaitu :

§ Produk yang sesuai dengan kebudayaan bangsa kita Indonesia yang tidak kebarat-baratan yaitu batik.
§ Lebih menawarkan barang-barang yang membawa tema dari daerah yang terdapat di Indonesia.
§ Metode pemasaran yang menarik
§ Lokasi yang sangat strategis
§ Harga barang terjangkau namun tidak menurunkan kualitas.

Tahap awal dari rencana bisnis butik ini dengan membuka tempat butik disalah satu Mall di Jakarta seluas 4×5 m2

II BISNIS

a. Konsep Bisnis


5 Elemen utama Differensial  yang ditawarkan oleh Butik Batic Holic pada umumnya :

§ Produk yang sesuai dengan kebudayaan bangsa kita Indonesia yang tidak kebarat-baratan. Batikholic ini dididirikan dengan mengusung tema dan design yang sesuai dengan kebudayaan bangsa kita Indonesia agar kita lebih mencintai produk dalam negeri yang dibuat dan di design khusus oleh remaja Indonesia yang bakatnya tidak kalah dengan fashion design dari luar negeri.

§ Lebih menawarkan barang-barang yang ngusung tema dari daerah yang terdapat di Indonesia.Tujuan dibuatnya Butik ini adalah agar remaja-remaja Indonesia lebih menghargai dan mencintai produk-produk dalam negeri yang tidak kalah daya jualnya denga produk luar negeri.

§ Metode pemasaran yang menarik

Metode pemasaran yang menarik disini adalah Butik Batikholic akan masuk ke sekolah-sekolah SMP dan SMA dengan menawarkan brosur pada mereka dengan memberikan mereka aksesoris yang kita jual secara gratis sebagai promosi agar mereka ingin mencoba mendatangi tempat kita dan melihat barang-barang apa saja yang dijual di Butik Batikholic ini.

§ Lokasi yang sangat strategis

Lokasi Butik BatikHolic ini sangat begitu strategis karena berada di pusat perbelanjaaan yang sering dikunjungi oleh warga Jakarta dan jabodetabek. Dan Mall ini sudah cukup terkenal sehingga banyak orang yang sudah mengetahui Mall ini karena banyak sekali butik-butik untuk kalangan remaja yang berada di Mall ini.

§ Harga barang terjangkau namun tidak menurunkan kualitas.

Butik Batikholic ini menawarkan barang-barang yang berkualitas dan tidak akan sama dengan barang-barang yang ada dibutik-butik lain yang sudah ada karena didesaign sendiri oleh pemilik butiknya dengan kreatifitas yang sangat tinggi sehingga barang-barangnya tidak pasaran tetapi dengan harga yang cukup terjangkau bagi kalangan remaja.

b. Produk yang ditawarkan

Meskipun barang utama yang ditawarkan adalah pakaian, tetapi Butik Batikholic menawarkan barang-barang lain yang biasa dipakai oleh remaja wanita sehari-hari.

§ Model Pakaian

Butik BatikHolic menawarkan model pakaian yang tidak banyak dipasaran dan begitu unik tetapi mahal fashionable dan keren meskipun dengan setiap barang yang dijual selalu diselipkan budaya Indonesia seperti adat-adat bali, toraja, jawa, sunda dan lain-lain.

§ Aksesoris

Disini pula Butik Batikholic menawarkan berbagai macam sepatu, tas dan aksesoris yang unik seperti kalung batu dari kalimantan dan kalung berbentuk dan berwarna bulu-bulu seperti warna burung cendrawasih. Pelanggan pun dapat membuat design sendiri yang mereka inginkan dan mereka sebisa mungkin kami akan membuat yang seperti mereka ingin inginkan.


c. Harga

Harga yang ditawarkan oleh Butik Batikholic tidak terlalu jauh berbeda dengan butik-butik lainnya yang cukup terjangkau oleh kalangan remaja.

Berikut Daftar Proyeksi Harga  :

1. Baju Kaos Rp. 95.0000 – Rp. 150.000
2. Baju Blouse Rp. 150.000 – Rp. 200.000
3. Celana Panjang Rp. 100.000 – Rp. 150.000
4. Celana Pendek Rp. 75.0000 – Rp. 100.000
5. Sepatu Rp. 120.000 – Rp. 200.000
6. Tas Rp. 150.000 – Rp. 200.000
7. Aksesoris (gelang,kalung,cincing,anting dll ) Rp. 25.000 – Rp. 75.000

 Harga yang ditawarkan relative bersaing dibandingkan dengan pesaing.

d. Persediaan Barang dan Pemasaran


• Strategi pemasaran perusahaan menciptakan tingkat kesadaran merek batik, mendorong terjadinya pembelian melalui berbagai materi promosi dan edukasi produk yang ditawarkan perusahaan.

* Strategi Pengendalian Mutu dan observasi Customer satisfaction atas produk didalam BatikHolic.

* Adanya Win-Win Solution atas Hak Cipta berupa apresiasi terhadap seniman batik indonesia.

Abdul Latief  " Status pekerja bukan sekedar sapi perahan, melainkan mitra usaha sejajar bagi majikan".

Sebuah bentuk apresiasi terhadap seniman batik yang menunjang usaha dan bisnis ini, sebuah bentuk Meritokrasi tanpa  mengabaikan kreatifitas seniman yang lain, hingga menunjang untuk semakin kreatif dan produktif dalam berkreasi dan bersaing di bidang batik Indonesia.


• Implementasi stategi ini meliputi hal-hal berikut ;

1. Memberikan kesan unik agar berbeda dengan yang lain.
2. Penawaran diskon apabila membeli barang lebih dari 1.
3. Materi-materi edukasi ( seperti poster dan selembaran ) yang berkaitan dengan barang yang akan dijual. Dan berbagai macam model baru yang remaja-meja saat ini gandrungi.
4. Layanan yang proaktif
5. Memberikan jasa layanan online, agar membeli tidak dengan susah payah datang ke tempat kita untuk membeli barang yang diinginkan tetapi hanya dengan akses internet dapat memperoleh barang yang diingankan.
6. Memberikan jasa gratis ongkos kirim untuk wilayah jabodetabek untuk pembelian online.


e. Layanan Pelanggan

• Layanan yang diberikan oleh Butik Batikholic sangatlah cepat, ramah dan tepat agar pelanggan dapat merasa nyaman apabila berbelanja pada butik ini. Pelayan yang sangat bersahabat.
• Karyawan pun diberikan seragam yang dibuat khusus oleh butik batikholic sehingga terlihat lebih menarik.


f. Design Tempat

• Butik BatikHolic ini seperti tujuannya yaitu agar anak muda Indonesia lebih mencintai bangsa sendiri, maka butik BatikHolic di design dengan aksen-aksen lukisan budaya Indonesia tetapi tidak kalah modern dengan aksen minimalis dengan nuansa warna pink yang elegan nuansa relaksasi dari interior air terjun, air mancur, dan aksen comfortable.


g. Lokasi dan pilihan wilayah

• Pilihan dan lokasi butik batikHolic ini adalah dengan kriteria Mall dengan lalu lintas pengunjung yang tinggi, mudah, dijangkau, dan terlihat dari jarak jauh.

• Pilihan mall ini adalah mall yang terkemuka dan sangat sering dikunjungi oleh anak muda Jakarta dan sekitarnya dan merupakan mall favorit mereka untuk berbelanja.

Ada beberapa aspek yang bisa di jalankan dalam membuka usaha Butik ini diantaranya :

A.Aspek Manajemen

Bisnis ini dimiliki bersama dengan sistem bagi modal. Bisnis ini dikelola secara bersama- sama dan tiap orang mempunyai tugas masing-masing misalkan dari 5 orang 3 orang bertugas berbelanja bahan pakaian, yang bertugas mendesign bajunya dan yang menjahit bajunya.

B. Aspek Pemasaran

a. Target Pasar 

Yang merupakan kunci penting untuk diperhatikan. Sudah menjadi kelaziman bahwa usaha Butik Baticholic bekerja berdasarkan trend yg sedang mendunia, kegiatan produksi dimulai apabila barang telah diterima, maka kegiatan produksi perusahaan tidak akan bekerja. Yang bekerja sepanjang tahun atau selama bisnis itu hidup adalah pemasaran keuangan dan administrasi. Target pasarnya adalah remaja-remaja antara usia 15 sampai dengan 25.

b. Konsep Pemasaran 

Terdiri dari 4 elemen (Price+Place+Promotion). UNTUK PRODUK, Kita mesti melihat competitor . Misalnya saja, menentukan apa, 10 pakaian terpopuler saat ini. Nah, khusus, ke 10 menu itu, maka mutlak menguasainya. Langkah berikutnya, bertanya kepada diri kita sendiri untuk maju selangkah lebih maju (Out Of The Box) . Misalnya, dengan melakukan inovasi. Mampukah kita menciptakan hal-hal yang baru dengan 10 populer itu tetapi dengan tetap mengusung tema tetap tidak mengesampingakan budaya Indonesia.

p.s : Beberapa aplikasi Batik sudah di berdayakan untuk trend anak muda dewasa ini.

 http://jaketdistro.net/jaket-batik-jaet-unik-1250 . adalah contoh aplikasi bisnis untuk jaket dan hodiee

c. Produk dan penetapan Harga Untuk menetapkan harga kita perlu melakukan riset dan membandingkannya dengan strategi harga.

Tidak jarang harga kita terlalu mahal karena sistem produksi yang salah dan tidak efektif. Anda perlu misalnya mencari suplier yang mampu mensuplai bahan baku dengan harga yang benar-benar murah, sehingga bisa menghasilkan pakaian murah namun berkualitas.


III. PASAR

• Segmentasi Pasar

Butik Batikholic ini bersegmen

Ciri-ciri : Wanita Usia antara 15 – 25 tahun yang sangat menyukai fashion dan memakai pakaian tidak hanya memakainya tetapi menyesuaikan dengan kepribadiannya.

• Positioning

Agar dapat menarik perhatian calon pelanggan, Butik Batikholic merancang sebuah strategi positioning

Beberapa positioning statement yang bisa digunakan, misalnya :

“ Butik elegan nan trendi tetapi sangat mengIndonesia”

“ I love Indonesia, Batikholic Indonesia”

IV. PELANGGAN

• Pasar sasaran Butik Batikholic adalah anak sekolah dimulai dari anak sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas dan mahasiswa.

• Perusahaan berharap tingkat pembelian ulang konsumen cukup tinggi. Selain itu juga diharapkan sekitar 75% pesananan melalui media Online.

V. PERSAINGAN

•Persaingan terutama berkaitan dengan kualitas produk, layanan, pengenalan akan merek dan lokasi butik.

• Butik Batikholic akan bersaing langsung dengan sesama butik lainnya.

VI. MANAJEMEN

Struktur manajemen akan berkaitan dengan aspek-aspek:

• Profesionalisme
• Keahlian dalam keuangan, manajemen, dan aspek hukum
• Atribut-atribut pribadi, seperti daya inisiatif, ambisi dan determinasi serta intergritas.

VII. PROYEKSI KEUANGAN


1. Kas                                               Rp 50.000.000,00
2. Baya sewa gerai                             Rp.10.000.000,00
3. Rancangan interior                         Rp. 10.000.000,00
4. Perlengkapan                                 Rp 10.000.000,00
5. Peralatan                                        Rp. 5.000.000,00


copyright : Universitas Tama Jagakarsa @ 2011

Referensi :

- Ide bisnis Shopaholic -Entrepreneurship
- www.rumahkayla.com

Beberapa Contoh Aplikasi Batik Modern untuk remaja :


Contoh aplikasi Batik ke Jaket

Contoh Aplikasi batik Ke Assesories Tas Ipad

Contoh Aplikasi Batik ke beberapa pakaian Favorit remaja

Contoh Aplikasi Batik Sepatu Sendal




Share on Google Plus

About octadandy

Man who places particular importance upon physical appearance, refined language and leisurely hobbies, pursued w/ the appearance of nonchalance in a cult of Self.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 comments:

  1. Salam,
    Prinsipnya Bussines plan ini bisa dipake utk konveksi kah ?

    umroh

    ReplyDelete