Batik Indonesia Digilai Hingga Ke Mancanegara - #banggaprodukIndonesia

Saat ini, Batik tak hanya dikenal oleh seluruh masyarakat Indonesia saja. Tapi Batik juga dikenal di mancanegara. Kita bangga boleh dong, ya. Bukan hanya sekadar dikenal melainkan juga disukai oleh banyak orang di dunia. Bahkan banyak para pesohor dunia yang memakai Batik di acara-acara bergengsi maupun acara formal yang tersorot oleh banyak kamera media. Tentunya hal ini semakin memperkuat keberadaan Batik sebagai salah satu kekayaan budaya Indonesia yang sangat membanggakan.

Menurut sejarah, Batik telah dibuat sejak abad ke 17, tapi baru pada abad ke 19 lah Batik mulai menarik perhatian masyarakat Indonesia. Mantan presiden Suharto adalah orang yang pertama kali memperkenalkan Batik pada dunia, yaitu saat beliau memakai Batik pada acara Konferensi PBB. Selain beliau, masih banyak tokoh-tokoh yang telah berjasa untuk mempopulerkan Batik di mata dunia. Khususnya para desainer batik yang menelurkan karya-karya busana Batik yang memukau.

Salah satu desainer Batik yang karya-karya busana Batiknya begitu populer adalah Iwan Tirta. Iwan Tirta sangat aktif berkontribusi dalam mengembangkan Batik, sehingga membuat Batik bisa dikenal luas dan dikagumi hingga ke mancanegara. Selain beliau, masih ada beberapa nama desainer yang juga memiliki andil dalam mengangkat Batik menjadi kekayaan budaya yang mengagumkan. Sebut saja Carmanita, Ghea Panggabean, Chossy Latu, Ramli, Poppy Dharsono, Edwin Hutabarat, dan Danar Hadi. Karya-karya mereka tak hanya ditampilkan di ajang peragaan busana dalam negeri tapi juga mancanegara.

Batik merupakan salah satu warisan nenek moyang yang patut kita banggakan. Bukan hanya karena nilai seninya yang tinggi, namun Batik juga mencerminkan jati diri Indonesia, sebab Batik adalah milik Indonesia, sehingga setiap kali kita melihat Batik kita langsung teringat pada Indonesia.

 Yuk sobat, banggalah dan lestarikan kekayaan budaya khas Indonesia, yang salah satunya adalah Batik ini. :)


Narasumber :
Pameran Produksi Indonesia

Sumber referensi tulisan:
Beautynesia Indonesian website
hanleebatik website
Indonesian wikipedia

Sumber Gambar :
Wolipop[dot]detik[dot]com


Share on Google Plus

About octadandy

Man who places particular importance upon physical appearance, refined language and leisurely hobbies, pursued w/ the appearance of nonchalance in a cult of Self.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment